by

Ini Daerah di Indonesia yang Masih Alami Fenomena Suhu Dingin

Fenomena suhu dingin saat malam hari akan berlangsung karena Indonesia ingin masuk musim kemarau. Deputi Bagian Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menyampaikan beberapa daerah di Indonesia yang akan merasakannya yaitu daerah Jawa ke lokasi Timur Indonesia.

” Bila kita bicara Indonesia biasanya Indonesia sisi selatan ekuator. Maka dari daerah Jawa mengarah Timur ini kecenderungannya akan tidak ada ketutupan awan jadinya beberapa daerah Jawa ke Timur condong semakin lebih dingin saat malam hari, ” tutur dia.

Dia menuturkan, daerah yang mempunyai dataran lebih tinggi bakal maka yang paling rasakan hal itu. Efeknya untuk beberapa petani sayur disana juga cukup dapat bikin mereka tidak untung.

” Di gunung kan telah dingin, namun lantaran ada sistem yang tadi turunnya semakin lebih rendah sekali lagi, hingga ada beberapa daerah yang bakal turun embun salju. Air yang ada digenangi di permukaan membeku maka es, ” kata Mulyono.

Ia menjelaskan, untuk daerah pegunungan, beberapa hal ini maka bencana untuk petani sayur. Karena, pagi harusnya nampak embun namun lantaran suhu sangatlah rendah embun maka beku. Dengan hal tersebut air yang ada pada daun-daun itu beku.

” Kelak ketika air mencair siang, terkena radiasi matahari lalu itu maka mengakibatkan kerusakan sel. Bila ini berjalan sekali 2 x, lama-lama tanamannya busuk lantaran rusak sel tanamannya, ” katanya menyudahi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed